Tips Aman Pakai Motor Matic Saat Musim Hujan

Tipsjitugo.blogspot.com - Model sepeda motor yang saat ini termasuk popular adalah motor matic. Tanpa memindahkan gigi, langsung bisa dikendarai motor hanya bermodal gas dan rem. Motormatic memiliki spase antara jok dan kemudi yang bisa dimanfaatkan mengemas barang bawaan. Saat hujan, kaki tidak terlalu terkena api sebab tertangkis oleh sayap di bagian bawah.
Namun pernahkan Anda berpikir ketika menggunakan matic saat hujan lebat. Karena keasyikan, Anda lupa memastikan apakah matic Anda bisa bertahan di bawah hujan. Terutama pada bagian boks CVT apakah kemasukan air, pastikan apakah matic Anda menggunakan radiator pendingin atau masih kipas pendingin.
Kipas pendingin terletak pada bagian kanan body motor. Fungsinya untuk mengalirkan udara pada boks CVT. Untuk memaksimalkan pendinginan boks CVT didesain tertutup. Saat melewati genangan air, boks CVT akan menyedot air, yang justru merecoki perputaran kipas. Jika hal ini dibiarkan saja maka akan timbul endapan kotoran yang membuat performa mesin tidak sempurna. Suara dengung juga mulai keluar ketika boks CVT sudah kotor.

Jika Anda sering melewati genangan air, daerah banjir atau terkena hujan sering-seringlah memeriksa bagian bawah boks CVT. Di bagian tersebut ada lubang pembuang air dengan penutup karet. Buka lubang tersebut dan keluarkan air dalam boks dengan memirinkan posisi motor.
Radiator Pendingin
Seperti Honda Varia sudah menggunakan pendingin radiator. Rajin-rajinlah membersihkan sela-sela radiator dan mengontrol apalah ada air yang masuk melalui filter udara. Bersihkan radiator dengan membuka penutu dan menyemprotkan air. Kotoran-kotoran yang sering mampir di kisi-kisi radiator biasanya menghambat pendinginan udara.

Judul : Tips Aman Pakai Motor Matic Saat Musim Hujan
Url : http://tipsjitugo.blogspot.com/2014/02/tips-aman-pakai-motor-matic-saat-musim.html
Pada :
Oleh : kevinariandhy
Respond : 0
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © · TipsJituGO ~ Template by Jasriman Sukri