Tips Tidur Pulas

Tipsjitugo.blogspot.com - Biasakan mematikan gadget saat Anda bersiap-siap tidur supaya jam biologis tubuh tak terganggu. Sebelum “meminta bantuan” kepada obat atau terapi dari ahli, yuk racik sendiri bahan-bahan mimpi indah di kala Anda tertidur lelap.
1 Patuhi Jadwal 
Perubahan rutinitas bisa membuat jadwal tidur Anda terganggu. Hal inilah yang dipaparkan penelitian di tahun 2011 yang dirilis oleh American Academy of Sleep Medicine (AASM). “Bila dilakukan secara terjadwal setiap harinya, aktivitas sehari-hari seperti mandi, berganti baju, dan makan akan menurunkan kemungkinan insomnia dan memperbaiki kualitas tidur,“ papar Anna Zisberg, R.N., M.A., Ph.D., salah satu peneliti.

2 Hindari Kafein 
Kopi dan segala minuman, termasuk makanan, berkafein sejatinya memang membuat mata lebih terjaga. Nah, bila Anda mengonsumsinya setelah pukul dua sore, kemungkinan besar Anda akan kesulitan tidur di malam hari. Oh ya, terlalu banyak menyesap minuman berkafein juga akan membuat Anda lebih sering ingin buang air kecil di malam hari.

3 Tinggalkan Minuman Beralkohol 
Tak sedikit orang yang menganggap minuman beralkohol bisa membantu tidur lebih cepat. Padahal segelas anggur merah, misalnya, bisa membuat jadwal tidur berantakan bila diminum sebelum Anda tidur. “Hal ini lebih memengaruhi perempuan dibandingkan pria. Khusus perempuan, alkohol akan membuat durasi tidur terganggu karena sering terbangun di malam hari,” ujar J. Todd Arnedt , ahli saraf dari yang University of Michigan turut meneliti.

4 Berolahraga Lebih Awal 
Barangkali Anda beranggapan kelelahan pasca berolahraga akan membuat Anda lebih mudah tidur. Kenyataannya, bila waktu olahraga dan tidur terlalu berdekatan, Anda justru akan merasa lebih segar. Oleh karena itu, lebih baik Anda berolahraga secara rutin, minimal selama 30 menit, di pagi dan sore hari.

5 Susu Hangat 
Segelas susu yang hangat sebelum tidur dipercaya bisa membuat Anda lebih tenang sekaligus menyalurkan tryptophan  (salah satu jenis asam amino) yang bisa membuat Anda lebih mudah terlelap.

6 Hentikan Merokok 
Sama halnya dengan kafein, nikotin dalam rokok malah membuat mata tak kunjung mengantuk. Jadi, hentikan kebiasaan ini bila Anda ingin cepat tidur.

7 Matikan Gadget 
Zaman sekarang rasanya sulit melepaskan diri dari gadget , termasuk ketika Anda akan tidur. Ternyata, sulit tidur bisa juga diakibatkan kebiasaan tersebut. Sebut saja smartphone , tablet, atau konsol game . Menurut Allison Harvey , penggunaan gadget  di malam hari bisa lebih cepat memicu insomia.

Psikolog yang piawai dalam masalah tidur ini menuturkan, “Cahaya dari layar gadget  bisa mengacaukan jam biologis tubuh.” Bila memang Anda terpaksa menggunakan gadget , Allison menyarankan agar Anda memberi jeda sekitar satu jam sebelum pergi tidur. “Setelah itu, langsung matikan!” tegasnya.
8 Harus Adem 
Menurut Craig Heller, Ph.D.,  dari Stanford University, “Saat Anda hendak tidur, tubuh otomatis menurunkan suhu tubuh. Oleh karena itu, usahakan suhu kamar tetap sejuk supaya tubuh pun nyaman. Misalnya dengan mengatur suhu penyejuk ruangan tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas.”

9 Redup Hingga Gelap 
Tubuh akan lebih mudah memahami sinyal bahwa Anda membutuhkan istirahat bila suasana di sekitarnya tidak terang-benderang. Jadi, matikan lampu atau pakai lampu tidur yang redup saat Anda hendak tidur.

10 Hening 
Apakah Anda suka menyalakan televisi dengan anggapan hal ini akan membuat Anda lebih cepat tidur? Bila ya, Anda keliru. Pasalnya, suara dan cahaya televisi malah menstimulasi otak untuk tetap aktif dan menekan produksi hormon melatonin.

11 Kasur yang Nyaman 
Kenyamanan memang tak murah harganya. Akan tetapi, tidur yang berkualitas sungguh tak ternilai harganya. Oleh karena itu, berinvestasilah dengan membeli dan memakai tempat tidur, bantal, dan guling yang nyaman dan “ramah” terhadap badan Anda.

12 Jangan Lihat Jam 
Sebisa mungkin jangan melihat jam bila Anda terbangun di malam hari. Menatap jam hanya akan membuat Anda lebih sulit tidur.

13 Cahaya Alami 
Gunakan tirai yang tidak terlalu tebal supaya sinar matahari bisa masuk ke dalam ruangan. Anda pun akan bangun tanpa rasa kaget sekaligus membuat hormon melatonin lebih efektif bekerja.

Judul : Tips Tidur Pulas
Url : http://tipsjitugo.blogspot.com/2014/03/tips-tidur-pulas.html
Pada :
Oleh : kevinariandhy
Respond : 0
Share :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © · TipsJituGO ~ Template by Jasriman Sukri